Hoax In Indonesian
Break the chain. Find the truth. Filter your emails. Check them before forwarding to your loved one, friends, families, or anyone else.

Pages

Friday, April 11, 2008

Apakah di Mal Ambassador ada Orang yg Tertular HIV Dengan Dibaret?



Penulis baru saja menerima sebuah sms yg isinya seperti ini:
Dear all,ati2 di mall..9 hari lalu di mall ambassador ada anak dibaret tangannya,trus dilempar kertas tulisannya " SELAMAT DATANG DIDUNIA KAMI"...trnyata dengan baretan itu,dia jadi tertular HIV..dan dinyatakan POSITIF HIV....!!! serem banget..tolong forwardin ke tmn2 u,biar mereka lebih ati2 yah..

Status: belum diketahui

Meskipun tidak ada kepastian mengenai kebenaran dari ancaman di atas, penulis pernah menerima email yang hampir serupa. Bedanya hanya antara jarum suntik yang ditanamkan di kursi cinema dengan tangan yang dibaret di mall. Untuk kasus jarum suntik dapat dilihat di http://www.snopes.com/horrors/madmen/pinprick.asp

Website tersebut menyatakan bahwa peristiwa jarum suntik tersebut merupakan bohongan. Karena itu menurut penulis, sms di atas juga sepertinya agak mengarah ke hoax.

Meskipun demikian, sms di atas tidak bertentangan dengan ilmu biologi. Untuk menularkan hiv, hanya ada 2 cara yang bisa ditempuh yaitu:
1. Melakukan hubungan seks.
2. Menempelkan darah segar dari penderita hiv ke luka seseorang yg sehat.

Namun, tidak ditemukan berita di media publikasi yg dapat dipercaya mengenai insiden di mal Ambassador tersebut.

Sekali lagi penulis merasa terharu ketika menerima sms tersebut. Karena itu artinya teman penulis mem-forward sms tersebut, karena dia care terhadap teman-temannya. Namun sama seperti yang sebelumnya, teman ini sebelumnya pasti tidak melakukan klarifikasi apakah sumber dari berita ini dapat dipercaya atau tidak. Inilah yang selalu penulis maksudkan dengan: memanfaatkan kebaikan hati orang lain untuk menyebarkan berita yang tidak benar.

Share