Hoax In Indonesian
Break the chain. Find the truth. Filter your emails. Check them before forwarding to your loved one, friends, families, or anyone else.

Pages

Wednesday, May 7, 2008

Apakah Ada No Telp Berwarna Merah?




Text Asli dari SMS:
Klo ada yg tlpn NO BERWRN MERAH jgn diangkat krn bs MENELAN JIWA, hr ini disiarkan dibrita,tjd dijkt&duri, n SDH TERBUKTI, skrg msh diusut o/ pihak KEPOLISIAN, dugaan smntr adl kasus PEMBNHN JRK JAUH MELALUI HP o/ DUKUN ILMU HTM/si penelpon adl ROH GENTAYANGAN yg mencr MANGSA, hrp dimngrt & krm ke tmn/sdr semua, hrp slg membnt ssm umat MANUSIA
Text tanpa singkatan:
Kalo ada yang telepon nomor berwarna merah jangan diangkat karena bisa menelan jiwa, hari ini disiarkan di berita, terjadi di Jakarta dan Duri, dan sudah terbukti, sekarang masih diusut oleh pihak kepolisian, dugaan sementara adalah kasus pembunuhan jarak jauh melalui HP oleh dukun ilmu hitam atau si penelepon adalah roh gentayangan yang mencari mangsa, harap dimengerti dan kirim ke teman atau sodara semua, harap saling membantu sesama umat manusia.


Status: SALAH

Referensi:
http://www.themercury.co.za/?fSectionId=301&fArticleId=nw20080426142426468C648675
http://legendsrumors.blogspot.com/2008/04/fatal-phone-number.html
http://www.angkor.com/2bangkok/2bangkok/forum/showthread.php?t=3242
http://ki-media.blogspot.com/2008/04/red-phone-number-is-not-cause-of-death.html

Hoax ini berasal dari Pnom Penh. Pihak berwajib sudah melakukan klarifikasi bahwa tidak terdapat nomor telepon yang berwarna merah (bisa dilihat di link referensi pertama).

Nomor telepon berwarna merah untuk saat ini sudah ada teknologinya di iPhone nya Apple, untuk menandakan nomor yang tidak dikenal (tidak tercatat di contact list HP masing-masing). Protocol operator HP belum secanggih sampe bisa menandakan bahwa "suatu nomor harus berwarna merah ketika muncul di HP orang lain".

Harap saling membantu sesama manusia dengan mengirimkan berita seperti ini ke semua orang?? ;) dengan sebelumnya diklarifikasi terlebih dahulu (tentunya).

NB. Thx buat Lia atas sms nya.
Share