Hoax In Indonesian
Break the chain. Find the truth. Filter your emails. Check them before forwarding to your loved one, friends, families, or anyone else.

Pages

Wednesday, May 14, 2008

Hati-hati ya, terutama yg punya anak kecil/keponakan



Email berisi:

Liputan6 Aktual Tajam Terpercaya
09/05/2008 13:08 Kesehatan
Enterovirus Sudah Sampai di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta: Serangan enterovirus 71, penyebab penyakit yang dikenal sebagai penyakit tangan, kaki, dan mulut semakin luas. Korbannya pun semakin banyak. Anak-anak menjadi korban utama penyebaran enterovirus 71 di Cina. Sejak korban pertama ditemukan pada Maret--namun pelaporannya ditunda hingga beberapa pekan lalu--sudah 24 ribu orang terjangkit enterovirus 71. Lebih dari 30 di antaranya meninggal sebagian besar anak-anak.

Penyebaran virus ini relatif cepat. Dalam beberapa pekan saja, enterovirus 71 ditemukan di Malaysia. Virus serupa dilaporkan menyerang Vietnam dan Singapura. Menurut laporan Departemen Kesehatan, belum lama ini, sudah ada tiga orang yang diduga menderita penyakit dengan ciri-ciri seperti penyakit tangan, kaki, dan mulut. Direktur Pengendalian Penyakit Menular Depkes, Chandra Yoga mengatakan observasi terus dilakukan di rumah sakit tempat ketiga pasien dirawat.

Adapun gejala serangan enterovirus 71 sangat mirip gejala flu biasa seperti demam yang kadang disertai pusing dan lemas serta nyeri. Selanjutnya akan muncul benjolan kecil merah berair pada telapak tangan dan kaki berikut sariawan di mulut. Pada kondisi parah, EV 71 bisa menyerang jaringan syaraf dan otak hingga mengakibatkan kematian.

Virus ini mudah menular melalui kontak langsung dengan penderita. Untuk menghindari terjangkit enterovirus 71, hindari kontak dengan penderita dan biasakan hidup bersih. Apalagi sebetulnya penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya tergantung kondisi tubuh.(TOZ/Tim Liputan 6 SCTV)

Status: BENAR

Berita asli dapat dilihat di:
http://www.liputan6.com/sosbud/?id=159141

Biasakan sertakan link resmi bila ingin forward email berisi berita-berita fakta.
Share