Untuk perbandingannya silahkan lihat transkrip berikut ini.
Asli | Rekaan |
---|---|
Pilot (P) : Taruh di IRS attitude Kopilot (K) : Oke Kep P : Masukkan P : Masih fail (gagal) K : Fail P : Ada fault. Pilih attitude K : mengalihkan ke mode IRS P : Attitude left K : Left P : Setelah ini heading set ya, masukin ya.. Suara autopilot mati 4 detik berikutnya. Kemudian lanjutan transkrip yang diambil antara 06:47:10 UTC-06:50:21 UTC atau pukul 13.47 WIB-13.50 WIB. Dalam percakapan ini terungkap IRS tidak berfungsi. P : Lihat QRH. Kalau IRS nomor 2 mati, lihat ada apa. K : IRS P : Navigasi, FMS (Flight Management System, komputer di cockpit yang berfungsi mengatur penerbangan dari pesawat tersebut), lihat FMS-nya. K : IRS fault P : Eleven four, itu nggak fault K : Itu nggak fault P : IRS-nya salah K : Tapi faultnya harus dinyalakan Capt P : Iya, itu nggak fault K : Yes, on the ground flight K : Yang satu ini on the ground K : IRS fault eleven four P : Itu nggak fault K : No.. no.. no.. Ada kata-kata 'flight' yang terekam, namun tidak bisa diidentifikasi siapa yang mengucapkannya. K : Yang left bagus P : Ya, itulah kenapa P : Bisakah kita mematikan salah satu IRS? K : Sepertinya nggak perlu P : Nggak ada apa-apa P : Nggak ada apa-apa K : Radial, two nine zero, yup 06:58:10.6 UTC atau sekitar pukul 13.58 WIB, suara peringatan bank angle berbunyi 4 kali. P : Taruh NAV lagi, taruh NAV lagi K : Yes P : Taruh di NAV lagi, taruh NAV lagi Ada suara peringatan altitude deviation K : NAV P : Jangan dibelokin! Ini heading kita K : Hentikan! Hentikan! Hentikan! Hentikan! Hentikan! Hentikan! Kemudian pukul 06:59:05 UTC atau pukul 13.59 WIB terdengar suara berdebam keras.(*) | Lelaki yang dipanggi "Kep" (Capt): Ini posisinya dia di sono... suara pembicaraan dalam bahasa Inggris di radio komunikasi (tidak jelas) Capt: Ujung pandang di luar.. Lelaki lain (Lelaki): Cuaca....ampun deh.. komunikasi radio dalam bahasa Inggris (tidak jelas) Capt: Lho, ini diembinye dia? (apakah yang dimaksud DMB?) Lelaki: Iya, makanya itu Capt, ngaconya di situ Capt: Lha, ini mike kilo siera (MKS)? komunikasi radio dalam bahasa Inggris (tidak jelas) Capt: Tapi nggak jelas nih Capt: Anginnya dah mulai normal lagi Lelaki: Ya komunikasi radio dalam bahasa Inggris (tidak jelas) sempat terdengar, "Selamat tahun baru, Mas....ok di-copy, disampaikan nanti insya allah.." Capt: ....(tidak jelas)...diembi gue beda dengan diembi gambarnya ini Lelaki: Iya, ngaco dia, benar Capt: Udah ngaco emang...(jeda)... udah mulai kapal bambu, udah.... (jeda)....mendingan kita percaya sama ini aja deh.. Lelaki: Hehe..(tertawa kecil) iya lah Capt:...Terlalu jauh banget... suara gemuruh yang monoton Capt: Salah lagi itunya suara gemuruh yang monoton Capt: Coba tolong confirm posisi aja .....(tidak jelas, Capt memerintahkan lelaki berbicara tentang sesuatu).... komunikasi radio dalam bahasa Inggris, "Confirm radio...contack to radio 307.."...selanjuntya tidak jelas Capt: Ok, that's confirm..ok that's confirm Capt: Ngaco...bla..bla..nya... (terdengar seperti SMS-nya) SMS telah mengacaukan dirinya sendiri, edan opo (gila apa) Capt: Woi, terbangnya melanglang buana'e... suara gemuruh yang monoton Lelaki: ...tidak jelas... Capt: Coba gue pake ini aja deh terbangnya....(tidak jelas)...taruh di attitude... Lelaki: Yes... suara gemuruh yang monoton Lelaki: Masuk ke..? Capt: Fill aja Lelaki: Fill? Capt: Iya full aja Lelaki: Full aja ya Capt: Kita pake atitude aja ni Lelaki: Yang left? percakapan tertutup komunikasi radio dalam bahasa Inggris kreett..krett...komunikasi radio dalam bahasa Inggris (tidak jelas) Capt: Masukin heading Lelaki: Heading berapa nih, Capt? Capt: Zero..zero..seven nine ya Lelaki: Ya komunikasi radio dalam bahasa Inggris (tidak jelas) Capt: Coba naik lagi Capt: Coba left lagi Lelaki: Yes Capt: Coba left...coba left ... Lelaki: Ok Capt Capt: Jangan dibelokin nih (suara Captain mengeras) Lelaki: Captain...Captain... Captain...(panik) Suara gemuruh makin keras dan terndengar suara kretek....kretek...kretek Lelaki: Aduh Capt..Capt... Capt: Ya..ya.. Suara gemuruh makin keras dan terndengar suara kretek....kretek...kretek Tidak jelas lagi suara siapa, terdengar Alhahu Akbar berulang kali....disertai suara gemuruh yang semakin keras.....suara seperti benturan dan teriakan aaaahhhh.... Alhahu Akbar .....Alhahu Akbar ......Alhahu Akbaaaaaaaaaar......(rekaman berhenti)... |
Singkat kata, berita apapun yang terlalu menonjolkan SARA, belas kasihan, horor, ataupun aneh, kemungkinan besar adalah hoax.
Referensi:
Inilah Rekaman Di Kokpit Adam Air Versi KNKT
Karo Cyber Community: Pembicaraan di dalam Rekaman Black Box Adam Air