Hoax In Indonesian
Break the chain. Find the truth. Filter your emails. Check them before forwarding to your loved one, friends, families, or anyone else.

Pages

Friday, August 8, 2008

Tes untuk bedak tabur/pada (apakah mengandung mercury)

PENTING BANGET NICH…. buat para wanita… bahaya boooo…

Pilih2 bedak hari gini, emang penting bgt, kira2 1 bulan yg lalu aku baru dpt pelajaran yg penting bgt tentang bedak padat/tabur dari temenku yg kuliah bioteknologi.

Ternyata gembar-gembor pemerintah/bpom/ iklan produk yg slama ini bilang anti mercury, itu semua gak jamin!!!

Meskipun sebuah produk bilang anti mercury, tapi kita (konsumen) bisa nge-cek sendiri bener/nggak? !

Menurut temenKu yg td kuliah jurusan bioteknologi begini caranya ngetes bedak anti mercury :

Taburkan/oleskan bedak di telapak tangan dengan tebal. Trus ambil emas (biasanya aku pake cincin) gosok-gosok di telapak tangan yg sudah ditaburi bedak tadi.
Nah, kalo telapak tangan berubah menjadi hitam/abu-abu, itu berarti di bedak yg anda pakai masih mengandung mercury. Semakin banyak kandungan mercury yg terkandung di dalam bedak tersebut,
semakin hitam hasil gosokannya (dgn emas td).

Aku udah coba berbagai macam produk bedak,ternyata dari hampir 10 merk bedak yg aku coba, cuma 1 yg tdk menghasilkan efek di telapak tangan.
Gak jamin deh, semakin mahal bedak semakin save?! karena bedak tmn'ku yg lumayan mahal (icon brand'nya krisdayanti) itu paling hitam efek gosokannya dengan emas.

Bahkan, bedak padat adikku (merk bedak bayi, tp ngeluarin bedak padat utk remaja) jg menghasilkan efek abu-abu.
Bedak saya yg sudah saya pakai selama 3thn karena hasil di muka bagus awet dan meresap, merk luar (mgkn amerika krn model iklannya artis hollywood) tryt jg menghasilkan efek abu-abu.
Sedangkan merk bedak yg tdk menghasilkan efek kelabu/hitam "sama sekali" adalah sebuah merk yg motto'nya "nature" yg klo kita beli di mall di bungkus pake paperbag coklat (bukan plastik) selain bedak produk
itu jg ngeluarin lipstik, eyeshodow, parfum, sabun, lotion,etc.. .
Maaf saya gak mau sebut merk, krn saya takut di tuduh merusak nama baik sebuah produk, atau malah ajang promosi sebuah produk?!
Oia, bedak seorang tmn saya yg katanya dr klinik kecantikan (terkenal di jkt) tryt jg ada efek kelabu meskipun sgt sedikit (tp tetep aja ada).

Jd ingat silahkan teman2 coba tips saya td:
Taburkan bedak di telapak tangan, kemudian gosok2 dgn emas. Stlh beberapa lama (gak sampe 1 menit) bakal ketauan efeknya....
Klo mengandung mercury, maka telapak tangan akan menjadi kelabu/hitam. Semakin hitam tangan anda, berarti semakin banyak kandungan mercury di dalam bedak tsb.

semoga bermanfaat yaaa

Status: SALAH

Mercury atau lead adalah sejenis unsur kimia berwarna metalik yang dikenal dengan nama Hydrargyrum (Hg). Beberapa waktu yang lalu, hoax semacam ini sudah pernah beredar di Internet, namun yang disebut-sebut mengandung mercury adalah lipstik. Terdapat banyak website yang membahas tentang hoax ini, namun menurut saya pembahasan paling baik adalah berasal dari situs Hoax-Slayer yang dapat Anda kunjungi dari link referensi yang terdapat di bawah halaman ini.

Kosmetik pada umumnya memang mengandung sedikit kandungan mercury, karena mercury dapat membuat kulit kelihatan lebih putih dan metalik. Namun pernyataan bahwa menggosokkan cincin emas ke bedak dapat menunjukkan tingkat kandungan mercury adalah salah. Emas bereaksi terhadap banyak logam bukan hanya mercury saja. Pemilik situs Hoax Slayer menyatakan bahwa ia sendiri pernah melakukan test terhadap berbagai jenis logam seperti tembaga, besi, dan hasilnya memberikan efek yang sama dengan mercury yaitu menimbulkan noda hitam.

Pernyataan tentang semakin mahal suatu produk kosmetik, tidak bisa menunjukkan bahwa produk tersebut aman dipakai menurut saya juga tidak benar. Karena produk yang mahal, di-eksport ke luar negeri dan melewati berbagai jenis test dari pihak yang berwajib. Kalau produk kosmetik yang tidak go International atau biasa dijual di gerai-gerai, kemungkinan mengandung mercury-nya malah lebih tinggi daripada produk yang mahal dan dijual di mana-mana. Karena tidak jelas merk apa, dan tidak jelas asalnya dari mana (yang a.k.a adalah produk kosmetik murahan dari China).

Referensi:
Lead in Lipstick - Cancer Causing Lipstick Hoax
Share