Hoax In Indonesian
Break the chain. Find the truth. Filter your emails. Check them before forwarding to your loved one, friends, families, or anyone else.

Pages

Saturday, May 24, 2008

Apakah tanggal 23 Mei 2008 akan terjadi kerusuhan?

Gak tau bener apa nggak nich ... dari tetangga : GY: Kami dari sebuah komunitas kepemudaan di Jakarta, ingin memberitahukan kepada teman-teman sekalian, tolong disebar luaskan kepada sanak saudara, teman dan rekan sekalian bahwa kemungkinan tanggal 23 Mei 2008 akan terjadi demo besar2an yang ditunggangi oleh kepentingan politik dan lain2. Ketakutan kami adalah ter ulangnya kembali peristiwa mei 1998, karena menurut teman2 kami se komunitas beberapa sopir taksi sudah memberikan sinyalment adanya kerusuhan kembali tanggal 23 mei tersebut seiring dengan rencana pemerintah menaikkan BBM. Kami himbau agar kita semua bersiap dan berdoa agar kerusuhan Mei 1998 tidak ter ulang kembali...
Isi dari pemberitahuan ini bukanlah hasutan tapi agar kita semua bersiap
Sumber: emailnya Bp. Handy

Status: Belum Diketahui SALAH

Apakah tanggal 23 Mei 2008 akan terjadi kerusuhan? Saya pikir yang akan tau hanyalah: Tuhan, si perencana kerusuhan, beserta orang-orang yang mendapat bocoran berita dari si perencana. Apakah kerusuhan Mei 1998 terjadi karena kenaikan BBM sehingga kenaikan BBM pada tahun 2008 akan menyebabkan kerusuhan lagi?

Ya tepatnya kita tidak bisa tau message ini hoax atau bukan sebelum tanggal 23 Mei. Memang ada benarnya kita hati-hati saja. Yang penting, ingatlah bahwa nafas kehidupan itu lebih penting dari hal apapun di dunia ini.

Ketika mencari di Google saya menemukan keanehan yaitu di Official Blog-nya Sandra Dewi terdapat entry ini. Lalu saya kunjungi blog tersebut, dan tidak dapat menemukan message ini. Mau lihat cache-nya alias tembolok juga tidak ada. Kepada para fans-nya SD, maaf saya tidak bermaksud apa-apa ;)
Mungkin message ini ditulis oleh orang lain di comment-nya blog tersebut, lalu tercatat oleh Google.





Update Terbaru

Jangan Percaya Isu Kerusuhan 23 Mei
TRIBUN TIMUR/ABBAS SANDJI

Artikel Terkait:

Beredar Isu Jakarta Rusuh 23 Mei Jumat,

23 Mei 2008 | 07:34 WIB

JAKARTA, JUMAT-Sepertinya isu kerusuhan di Jakarta tanggal 23 Mei yang beredar di sejumlah maliling-list (milis) hanya isapan jempol belaka. Isu tentang Jakarta yang akan dilanda aksi unjuk rasa besar-besaran hari ini ternyata tidak terbukti.

Berdasarkan laporan dari Traffic Management Centre (TMC) hanya ada dua rencana aksi sepanjang hari ini (Jumat, 23/5). Satu aksi lagi terjadi di Depok, Jawa barat. Istana Negara yang selama ini menjadi sasaran, ternyata hari ini "bebas" dari demonstrasi. Traffic Management Centre (TMC) mendapat rencana aksi unjuk rasa dari BEM Universitas Mercu Buana, LMND & GMNK. Mereka berencana menggelar aksi unjuk rasa di depan Mapolda Metro Jaya pada pukul 13.00 WIB menuntut pembebasan mahasiswa. Unjuk rasa kedua dilakukan Aliansi Jakarta Menggugat terkait dengan kasus korupsi.

Sebelumnya Kompas.com menerima sejumlah telepon dari pembaca yang mendengar dan menerima email soal kerusuhan tanggal 23 Mei. Isi dari email itu adalah adalah "Kami dari sebuah komunitas kepemudaan di Jakarta, ingin memberitahukan kepada teman-teman sekalian, tolong disebar luaskan kepada sanak saudara, teman dan rekan sekalian bahwa kemungkinan tanggal 23 Mei 2008 akan terjadi demo besar2an yang ditunggangi oleh kepentingan politik dan lain2. Ketakutan kami adalah ter ulangnya kembali peristiwa mei 1998, karena menurut teman2 kami se komunitas beberapa sopir taksi sudah memberikan sinyalment adanya kerusuhan kembali tanggal 23 mei tersebut seiring dengan rencana pemerintah menaikkan BBM. Kami himbau agar kita semua bersiap dan berdoa agar kerusuhan Mei 1998 tidak terulang kembali...Isi dari pemberitahuan ini bukanlah hasutan tapi agar kita semua bersiap akan terulangnya peristiwa mei 1998 agar tidak menimbulkan korban, jadi dengan sangat tolong sebarkan pengumuman ini"

Sumber: Kompas.com


NB. Thanks buat Bp. Handy atas beritanya
Share